Demo Tolak RUU Omnibus Law di Depan Gedung Rakyat, Terjadi Ricuh

Sabtu, 18 Juli 2020 17:14 Eris Kuswara Scene



 
 

Koropak.co.id - Ratusan mahasiswa Kota Tasikmalaya yang tergabung dalam Aliansi BEM Tasikmalaya, menggelar aksi di depan Gedung DPRD Kota Tasikmalaya Rabu 15 Juli 2020.

Dalam aksinya, massa mempertanyakan aspirasinya terkait dengan penolakan pemberlakukan Rancangan Undang-Undang Omnibus Law yang tidak didengarkan oleh pemerintah pusat.

Bahkan RUU tersebut, terus dibahas DPR-RI dan direncanakan akan disahkan pada Kamis 16 Juli 2020.

Selain melakukan berbagai orasi, dalam aksinya massa membentangkan sejumlah spanduk berisikan seruan penolakan serta melakukan pembakaran ban di tengah jalan.

Akibat tidak satupun unsur pimpinan dan anggota DPRD Kota Tasikmalaya yang menemui massa, aksi yang semulai berjalan damai, berakhir ricuh. Massa aksi bergerak merangsek masuk gedung DPRD, menerobos barisan petugas keamanan.

Aksi saling dorong antara mahasiswa dengan petugas pun tak terelakkan. Akibatnya, sejumlah mahasiswa terluka karena bersitegang dengan aparat keamanan yang membentengi ketat pintu masuk gedung.

Beruntung, kericuhan tidak berlanjut setelah anggota DPRD keluar dan menemui massa aksi dan beraudiensi.

Koordinator Aksi sekaligus Presiden Mahasiswa STIA Kota Tasikmalaya, Naufal Muhammad Rahim mengatakan, Aliansi BEM Tasikmalaya menuntut agar Pemerintah Kota Tasikmalaya bisa tegas menolak RUU Omnibus Law.

Aliansi BEM Tasikmalaya ini juga, menagih janji Pemerintah Daerah dan DPRD Kota Tasikmalaya terkait kejelasan penolakan terhadap RUU Omnibus Law.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, H Agus Wahyudin mengatakan, pada prinsipnya DPRD Kota Tasikmalaya sangat terbuka dan siap menampung aspirasi masyarakat, terlebih ini menyangkut kebijakan nasional.

DPRD Kota Tasikmalaya berharap, Undang-Undang ini bisa diterima masyarakat setelah direvisi dengan baik dalam rangka mengejar target Indonesia agar tidak lagi menjadi negara midle-income tetapi menjadi negara maju sesuai dengan cita-citanya.*

Baca beritanya :

1. PMII Tasikmalaya Omnibus Law Cipta Kerja, Buruh Seperti Kerja Rodi

2. Tolak Omnibus Law, Baku Hantam Dengan Polisi Mahasiswa Tasikmalaya Terluka

3. Aliansi BEM Tasikmalaya Gelar Aksi Tagih Janji DPRD dan pemkot Tasikmalaya

4. DPRD Kaji Kembali dan Revisi RUU Omnibus Law yang Merugikan Kaum-Buruh

Berita Terkait

RSS Facebook Twitter Youtube Instagram