Berkunjung ke Masjid Unik di Indonesia, Ada yang Terapung

Kamis, 30 Desember 2021 08:24 Redaksi Xplore



 

 

Sebagai negara dengan mayoritas muslim, masjid telah menjadi bagian dari perjalanan warga Nusantara. Kini, jumlahnya mencapai 800 ribu masjid. Terbanyak di dunia. Tersebar dari Sabang sampai Merauke. Bentuknya pun berbeda-beda. Bahkan, tak sedikit di antaranya yang memiliki nilai sejarah tinggi.

Berikut ini enam masjid yang terbilang unik, karena arsitektur dan nilai historisnya. 

1. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat ini tidak hanya terkenal di wilayah Sumatera, tapi mashur sampai mancanegara. Bahkan, masjid yang satu ini juga termasuk masjid terunik di dunia. Itu lantaran masjid ini memiliki atap berbentuk gonjong dan motifnya memiliki filosofi mendalam.

Berdiri di atas tanah seluas 40.000 meter persegi dan luas bangunan hingga 18.000 meter persegi, Masjid Raya Sumatera Barat ini mampu menampung hingga 20.000 jemaah.

Masjid yang terletak di Jalan Chatib Sulaiman, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang ini juga diketahui sebagai masjid terbesar di Sumatera Barat. Pembuatannya menghabiskan anggaran sekitar Rp300 miliar.

 

2. Masjid Al-Irsyad, Kabupaten Bandung Barat

Masjid Al-Irsyad yang berada di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, ini dibangun pada 2009 dan diresmikan pada 27 Agustus 2010. Keunikan masjid ini di antaranya adalah desain yang dirancang mirip Kakbah.

Berbeda dengan masjid pada umumnya, masjid yang dirancang Ridwan Kamil ini tidak memiliki kubah. Bentuknya kotak seperti kubus. Uniknya, bata-bata tidak disusun begitu saja. Ada motif yang dibentuk, yaitu dua kalimat syahadat.

Keunikan lainnya adalah mihrab atau tempat imam. Bagian depan mihrab dibuat terbuka, menghadap pemandangan alam. Lantaran gayanya yang berbeda itu, Masjid Al-Irsyad dipilih sebagai “Building of The Year 2010” oleh National Frame Building Association untuk kategori arsitektur religius.

 

3. Masjid Amirul Mukminin, Makassar
Selain sebagai tempat ibadah, masjid Amirul Mukminin juga turut dijadikan destinasi wisata. Berada di pesisir Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, para pengunjung bisa menikmati suasana masjid ini dengan bersantai atau swafoto. Apalagi, di masjid ini disediakan tempat di bawah kubah yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam.

Uniknya, lantaran berada di pesisir pantai, saat air laut sedang pasang, masjid ini jadi terlihat terapung. Untuk itulah masjid yang punya nama lain, yaitu Masjid 99 Al-Makazzary, disebut-sebut sebagai masjid terapung pertama di Indonesia.

Masjid yang diresmikan oleh Jusuf Kalla pada 21 Desember 2012 ini berdiri di atas air laut seluas 1.608 meter. Pembangunannya tidak asal-asalan. Ada 164 tiang penyangga, sehingga masjid ini bisa berdiri kokoh dan bisa menampung jemaah hingga 500 orang.

 

4. Masjid Cheng Ho, Surabaya

Berada di Jalan Gading Nomor 2, Ketabang, Genteng, Surabaya, Masjid Cheng Ho merupakan masjid pertama di Indonesia yang menggunakan nama Muslim Tionghoa. Masjid ini menjadi simbol perdamaian antara umat beragama di Surabaya.

Didominasi warna kuning, biru, merah, dan hijau, masjid yang diresmikan pada 13 Oktober 2002 ini ornamennya sangat kental dengan nuansa Tiongkok. Sesuai namanya, masjid ini dibangun sebagai bentuk apresiasi kepada Laksamana asal Tiongkok yang beragama Islam, yakni Laksamana Cheng Ho.

Dibangun di atas lahan 3.070 meter persegi, Masjid Cheng Ho mampu menampung sekitar 200 jemaah. Uniknya, masjid ini tidak memiliki daun pintu. Itu melambangkan terbuka bagi siapa saja. Di area ini juga dibangun relief Laksamana Cheng Ho beserta kapalnya.

 

5. Masjid An-Nurumi, Yogyakarta

Bernama An-Nurumi, masjid yang berada di Yogyakarta ini memiliki bentuk kubah yang menyerupai ikon kota Moskow. Kubahnya berwarna-warni menyerupai permen lolipop dan bergaya arsitektur Rusia. Itu menjadi daya tarik tersendiri bagi jemaah atau wisatawan.

Mulai dibangun pada 2005, masjid yang oleh sebagian orang disebut masjid permen ini berdiri di atas lahan seluas 700 meter persegi. Ada sembilan kubah di atasnya yang memiliki warna beda-beda, seperti hijau, merah, dan kuning.

Uniknya, masjid ini memiliki empat pintu yang terletak di berbagai arah. Hal itu memudahkan jemaah memasuki masjid.

 

6. Masjid Kapal, Semarang

Sesuai dengan namanya, bangunan masjid yang satu ini berbentuk menyerupai sebuah kapal. Dikarenakan arsitekturnya yang unik itulah, masjid ini dikenal dengan sebutan Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh.

Masjid yang dibangun pada 2015 ini sebenarnya bernama Masjid Safinatun Najah. Diketahui, terdapat filosofi khusus mengapa masjid ini berbentuk dengan menyerupai kapal Nabi Nuh. Safinatun Najah mengingatkan umat Islam tentang kisah Nabi Nuh saat diperintahkan Allah untuk menyelamatkan kaumnya dari bencana banjir.

Tak hanya berdesain unik yang menyerupai kapal Nabi Nuh, masjid yang dibangun pada 2015 ini memiliki Gedung serbaguna, perpustakaan, hingga taman aneka satwa. Bukan hanya salat, jemaah juga bisa melepas penat saat berada di masjid ini.

Nah, itu dia enam masjid unik yang ada di Indonesia. Sebenarnya, masih banyak masjid lain yang juga unik dan memiliki nilai sejarah tinggi. Tapi oleh karena sebab itu, mungkin akan kita ulas di lain kesempatan. 

RSS Facebook Twitter Youtube Instagram