Enam Masjid Tua di Indonesia, Berusia Ratusan Tahun

Jum'at, 07 Januari 2022 21:43 Redaksi Xplore



 

 

Indonesia sungguh kaya akan tradisi. Punya beragam budaya, agama, ras, bahasa hingga adat istiadat. Satu dari sekian banyak warisan leluhur di bumi nusantara ini adalah masjid.

Sebagai agama mayoritas, kaum muslimin di Indonesia memiliki warisan yang sangat memesona. Keberadaan masjid menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan sejarah dan peradaban di republik ini.

Hingga saat ini banyak masjid di Indonesia yang bersejarah dan usianya sudah ratusan tahun. Berikut ini enam masjid tertua di Indonesia yang masih digunakan untuk kegiatan ibadah. 

 

1. Masjid Saka Tunggal

Masjid Saka Tunggal. Begitu orang-orang menyebutnya. Berada di Desa Cikakak, Wangon, Banyumas, Jawa Tengah, masjid ini bernama resmi Masjid Baitussalam. Ada dua versi soal tahun pembuatannya. Namun, keduanya mengarah pada usia yang paling tua dibanding masjid-masjid lainnya di Indonesia.

Versi pertama menyebutkan dibuat tahun 1288 masehi. Versi kedua menganalisa, angka 1288 itu merupakan tahun hijriah. Jika dikonversi ke tahun masehi jatuh pada tahun 1522. Terlepas dari perbedaan itu, masjid yang dibangun Kiai Mustolih itu hingga kini masih digunakan. Bahkan, sebagian orang masih menggelar tradisi penjarohan atau ziarah pada setiap tanggal 26 Rajab.

 

2. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah dibangun pada tahun 1526 oleh Sultan Suriansyah, Raja Banjar pertama yang memeluk agama Islam. Masjid yang berada di Jalan Kuin Utara, Banjarmasin Utara, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, ini memiliki gaya arsitektur atap tumpang tindih serta bagian mihrabnya memiliki atap yang terpisah dengan bagunan utamanya.

 

Baca pula :

 

3. Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus yang berada di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dibangun pada tahun 1549 oleh Sunan Kudus. Masjid ini terbilang unik karena berbentuk seperti candi. Sementara itu, menaranya menggambarkan perpaduan budaya Islam dan Hindu di masa lampau.

 

4. Masjid Mantingan

Berada di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Jepara, Jawa Tengah, masjid ini didirikan pada tahun 1559 oleh Kesultanan Demak. Dengan mengusung gaya arsitektur Cina, masjid ini digunakan sebagai salah satu pusat penyebaran agama Islam di pesisir pulau Jawa.

 

5. Masjid Tuo Kayu Jao

Masjid Tuo Kayu Jao termasuk masjid tua di Indonesia. Berada di Jorong Kayu Jao, Nagari Batang Barus, Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, masjid ini dibangun sejak 1599. Arsitekturnya bercorak Minangkabau dan memiliki atap tiga tingkat yang terbuat dari injuk dengan ketebalannya sekitar 15 centimeter.

 

6. Masjid Agung Demak

Dibangun oleh Raden Patah pada abad ke-15 Masehi, Masjid Agung Demak yang berada di desa Kauman, Demak, Jawa Tengah, ini dipercaya sebagai tempat berkumpulnya para ulama (wali) yang menyebarkan agama Islam di pulau Jawa atau biasa disebut juga dengan Wali Songo.

Masjid ini memiliki empat tiang utama yang disebut sebagai saka guru. Kemudian atap dari masjid ini berbentuk limas yang ditopang delapan tiang atau biasa disebut dengan saka Majapahit.

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

Berita Terkait

Berat, Belum Kiamat

Berat, Belum Kiamat

Sebenarnya saya sama sekali tidak tertarik untuk membahas, apalagi merayakan…

01 Januari 2022 15:17:45
RSS Facebook Twitter Youtube Instagram